Penulis / NIM
ALPIAN SADAPU / 231412034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Alpian Sadapu. 231412034, 2012. Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, M.Pd
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual di SMP Negeri 1 Suwawa, mulai dari hambatan yang dialami oleh guru sampai interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu : informan atau narasumber yaitu siswa, Kepala Sekolah dan Guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Suwawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengembangan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pemeriksaan dan review informan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, analisi data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi keterlibatan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar, serta belajar yang mumpuni pada pembelajaran sejarah. Disamping itu, adanya penerapan pembelajaran kontekstual akan menjadikan peserta didik merasa dihargai dan diberi kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan motivasi dan belajar peserta didik.
Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Kontekstual.
Download berkas