SKRIPSI

Penulis / NIM
MERIYANTI MAHMUD / 231412039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK Meriyanti Mahmud. NIM. 231412039. "Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Ips1 di SMA Negeri 1 Marisa.."Dibimbing oleh Drs. H. Darwin Une, M.Pd (pembimbing 1) dan Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd (pembimbing 2). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI ( sebelas ) SMA Negeri 1Marisa 2015/2016. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 30 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Alat pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar soal berjumlah 5 nomor pada setiap siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dari siklus I dan II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,5 %, siklus II sebesar 76 % pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan metode diskusi. Demikian hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa "jika model PembelajaranTipe teams games tournament diterapkan dalam pembelajaran sejarah, maka hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marisa meningkat". Kata Kunci: Metode Tipe Teams Games Tournament , Hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011