Penulis / NIM
USMAN K. LOBU / 231412042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Usman K. Lobu. 2016. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Telaga". Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas ILmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada materi Pedagang, penguasa dan pujangga pada masa klasik (Hindu-Buddha) melalui model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) di kelas X IS SMA Negeri 1 Telaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk meningkatakan Hasil belajar siswa pada materi Pedagang, Penguasa dan pujangga pada masa klsik (Hindu-Buddha) di kelas X IS SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IS yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data, Dari jumlah siswa 31 orang yang dikenai tindakan hanya 13 orang siswa (46%) yang memperoleh nilai minimal 70 dan memeperoleh nilai cukup 60,6 hanya 14 orang (50%) sedangkan nilai yang kurang 50,5 4 orang (4%), siklus II diperoleh data, yang dikenai tindakan hanya 15 orang siswa (46%) yang memperoleh nilai minimal 80,0, 12 orang siswa (30%) yang memperoleh nilai 70 ke atas, dan yang mendapat nilai 70 ke bawah 4 orang siswa (24%) sedangkan pada siklus III meningkat dimana dari 31 orang siswa yang memperoleh nilai minimal 80 ke atas berjumlah 28 orang (98.7%), 3 orang siswa (13%) yang hasil belajarnya masih rendah atau memperoleh nilai 70 ke bawah, daya serap mencapai 84.2%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Student Teams-Achievement Division (STAD), hasil belajar siswa pada materi Pedagang, Penguasa dan Pujangga Pada Masa Klasik (Hindu-Buddha) meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Teams-Achievement Division (STAD) .
Download berkas