Penulis / NIM
SADAM DJAMPA / 231412047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Sadam Djampa Nim 231 412 047. Skripsi. Hubungan Kompentensi Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri I Bunta. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan Kompentensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Bunta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan korelasional dimana terdapat di variabel yang diukur yakni variabel kompetensi guru sebagai variabel X (variabel bebas) dan variabel Prestasi Belajar Siswa sebagai variabel Y (terikat). Adapun objek penelitian ini adalah SMA Negeri I Bunta, populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa dan diambil sampel penelitian berjumlah 19 siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Guru (variabel X) diperoleh 0,379, sedangkan Prestasi Belajar Siswa sebesar 0,344 pada taraf signifikan sebesar 5%. Hal ini menunjukkan 37% Kompetensi Guru berpengaruh pada Prestasi Belajar Siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel dalam penelitian ini. Sedangkan Prestasi Belajar Siswa (variabel Y) diperoleh 0,344, atau 34% di pengaruhi oleh kompentensi guru. Sehinga hipotesis penelitian terbukti dimana HO ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat hubungan antara Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Bunta.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas