SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD MUSONEP / 231412050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK Ahmad Musonep. NIM.231412050. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu mengunakan model pembelajaran example non example (Penelitian Tindakan Kelas Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo). Dibimbing oleh Drs. H. Darwin Une, M.pd (pembimbing I) dan Dra. Hj.Resmiyati Yunus, M.pd (pembimbing 2). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo20/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 35 orang yang terdiri 19 perempuan 16 orang laki-laki. Alat pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar soal 20 nomor terbagi 15 pilihan ganda 5 isaian pada setiap siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 66,80%, siklus II sebesar 81% pada mata pelajaran IPS terpadu dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Demikian hipotensis tindakan yang menyatakan bahwa " jika model example non example diterapkan dalam pembelajaran IPS terpadu , maka hasil belajar siswa kelas VII SMP 5 Negeri Gorontalo meningkat". Kata Kunci : Model Pembelajaran Exsample Non Exsample.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011