Penulis / NIM
AHMAD MUSONEP / 231412050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Ahmad Musonep. NIM.231412050. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu mengunakan model pembelajaran example non example (Penelitian Tindakan Kelas Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo). Dibimbing oleh Drs. H. Darwin Une, M.pd (pembimbing I) dan Dra. Hj.Resmiyati Yunus, M.pd (pembimbing 2). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo20/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 35 orang yang terdiri 19 perempuan 16 orang laki-laki. Alat pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar soal 20 nomor terbagi 15 pilihan ganda 5 isaian pada setiap siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 66,80%, siklus II sebesar 81% pada mata pelajaran IPS terpadu dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Demikian hipotensis tindakan yang menyatakan bahwa " jika model example non example diterapkan dalam pembelajaran IPS terpadu , maka hasil belajar siswa kelas VII SMP 5 Negeri Gorontalo meningkat".
Kata Kunci : Model Pembelajaran Exsample Non Exsample.
Download berkas