Penulis / NIM
NI WAYAN YUNILESTARI / 231412051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
Ni Wayan Yunilestari. NIM 231 412 051. 2017. "Hubungan Antara Peran Keluarga Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 2 Gorontalo". Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs.Darwin Une, M.Pd dan pembimbing II. Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil yang diperoleh, "hubungan antara peran keluarga dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMK Negeri 2 Gorontalo. Kemampuan beretorika dipandang perlu untuk dilatih, guna untuk menunjang mutu pendidikan sekolah maupun luar sekolah. Hal yang menjadi acuan dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah berdasarkan observasi yang telah dilakukan, sumber buku sebagai acuan bahan ajar, maupun sumber data berupa dokumentasi.
Berdasarkan pelaksanaan pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran keluarga dengan hasil belajar siswa, yaitu semakin tinggi pula hasil belajar siswa, semakin tinggi peran keluarga maka, berdasarkan ujian hipotesis ini, maka peran keluarga selau mengindikasikan adanya efek positif untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal ini didukung oleh keefesienan determinasi (r2) sebesar 0,18..Hal ini berarti bahwa 18% variasi yang terjadi pada hasil belajar siswa dijelaskan oleh variasi peran keluarga (X) melalui persamaan regresi = -17,164 + 0,710 (X)
Kata Kunci : Peran Keluarga dengan Hasil Belajar S
Download berkas