Penulis / NIM
RISKIYANTO POTABUGA / 231412070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRACK
RISKIYANTO POTABUGA, 2016. Nim 231412070 " Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah melalui Metode Pemberian Tugas dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada kelas XI-IPS 1 SMA negeri 1 Bolaang ? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk, dengan subjek Penelitian adalah siswa kelas XI-IPS 1 yang berjumlah 23 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus.
Berdasarkan hasil Penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dimana observasi awal siswa yang berjumlah 23 orang semua siswa memang telah memperoleh nilai ketuntasan, akan tetapi dari ketuntasan 10 orang siswa hanya memperoleh nilai standar yaitu 70 dan 13 orang siswa lainnya memperoleh nilai 85. Saat pembelajaran menggunakan Metode Pemberian Tugas, prestasi belajar siswa masih belum ada peningkatan, dimana presentase ketuntasan nilai siswa hanya mencapai 43,47%. Tetapi pada pembelajaran siklus II presentase ketuntasan nilai siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 100%. Demikian pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterima.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa dan Metode Pemberian Tugas
Download berkas