Penulis / NIM
IWIN M. AMRIN PILOMANGE / 231412078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstrak
ABSTRAK
Iwin M. Amrin Pilomange. Nim 231 412 078. Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Study Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Bapak H. Lukman D. Kaitili S. Ag. M. Th. I.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan akan mengutamakan data-data kualitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Seperti peneliti menggunakan tahap awal penelitian dengan observasi sekolah yang menjadi objek penelitian, wawancara terhadap beberapa guru terutama guru pengajar mata pelajaran IPS, kepala sekolah, siswa, dan kemudian dokumentasi.
Tujuan utama dari penelitian ini yaitu peneliti akan mengungkapkan bagaimana keberhasilan pembelajaran IPS Terpadu selama ini di SMP Negeri 1 Limboto, apakah keberhasilan ini bisa mencapai target yang diinginkan oleh semua pihak, baik itu pihak sekolah , guru, dan kepala sekolah, pihak siswa, dan pihak orang tua siswa. Peneliti juga akan mengungkapkan bagaimana kinerja guru dalam proses pembelajaran dan akan mendapat nilai keberhasilan yang diinginkan. Peneliti juga akan mengungkapakan kurikulum yang sudah diterapkan disekolah ini, karena keberhasilan pembelajaran itu terletak dari kurikulum sekolah tersebut. Seperti sekolah pada umumnya di mana di sekolah ini sudah menggunakan kurikulum 2013, dengan pendekatan pembelajaran scientific, dalam pendekatan ini ada beberapa hal yang dilakukan melalui prosesnya yaitu mengamati, menanya, mencoba, manalar, dan mengaplikasikan.
Kegiatan pembelajaran ini dapat membentuk sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dengan ketiga kegiatan pembelajaran ini akan membentuk seseorang untuk menjadi lebih baik, baik dalam keberhasilan pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran IPS terpadu
Download berkas