Penulis / NIM
FERAWATI HILALA / 231413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Ferawati Hilala, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Ips 3 di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui penerapan model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya S.Pd, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tilamuta. Pada pembelajaran Topik kerajaan di Indonesia bercorak Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir siklus untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan yaitu dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa, yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 70,33%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta.
Kata Kunci : Hasil belajar Siswa, model pembelajaran Jigsaw
Download berkas