Penulis / NIM
PATMA SULEMAN / 231413017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Patma Suleman, Nim. 231413017. 2017.Kompetensi Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Boliyohuto. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : I. Bapak Drs. Darwin Une, M.Pd dan Pembibing II. Ibu Yusni Pakaya, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, ingin mengetahui Kompetensi Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Boliyohuto, Kedua, ingin mengetahui Proses Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Boliyohuto.
Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa: Pertama, kompetensi guru di SMANegeri 1 Boliyohuto telah sesuai dengan standar Profesionalime seorang guru, hal di buktikan dengan hasil penelitian di lapangan bahwa kompetensi guru dalam proses pembelajaran sejarah telah dilakukan oleh guru sejarah secara maksimal, karena mereka menyadari secara sungguh-sungguh bahwa tanpa adanya kompetensi guru dan proses pembelajaran maka tujuan pembelajaran yang akan dilakukan tidak tercapai dan mengambang. Selain itu, pentingnya kompetensi guru dan proses pembelajaran dibuktikan juga dengan adanya kelengakapan RPP sudah disediakan terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Ini menandakan bahwa kompetensi guru dan proses pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal. kedua, Kompetensi guru sejarah dalam menyusun perencanaan proses pembelajaran sejarah khususnya Kelas XI SMANegeri 1 Boliyohuto telah mengalami pengembangan dan peningkatan. Hal itu dapat dibuktikan dari kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan harus didahului dengan kelengkapan seperti silabus, RPP, dan lembar penilaian yang memadai. Cara menyusun perencanaan proses pembelajaran sejarah telah dilakukan dengan baik dan rinci, namun perlu adanya perbaikan-perbaikan yang menuju pada tujuan-tujuan yang akan dicapai lebih maksimal. Namun, sesuai dengan hasil wawancara masih banyak kekurangan yang dialami diantaranya mengenai fasilitas yang kurang memamdai, media pembelajaran yang masih kurang, serta laboratorium sejarah yang masih perlu diupayakan, agar pembelajaran sejarah dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Kompetensi, Guru Sejarah, SMA Negeri 1 Boliyohuto.
Download berkas