Penulis / NIM
MOHAMAD ANDI AGUNG MANANGIN / 231413029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
ABSTRAK
Moh Andi Agung Manangin, 2019 "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran NHT di SMA N 4 Kotamobagu Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan pembimbing II Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh nilai mata pelajaran sejarah yang rendah khususnya pada prestasi belajar siswa di kelas siswa belum mampu memecahkan persoalan terkait materi-materi khusus sejarah yang diberikan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah dengan menggunakan tiga siklus yang pertama dan kedua dilaksanakan dua kali pertemuan sedangkan Siklus yang ketiga satu kali pertemuan sekaligus melakukan evaluasi Siklus yang telah dilewati. Penelitian ini dilaksankan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2019 jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang prosesnya terdiri dari perencanaan,pelksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa daftar nilai dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Togher NHT dapat tercipta suasana belajar aktif bukan hanya dilakukan satu orang atau satu kelompok saja melainkan seluruh anggota kelompok memiliki tanggung jawab terhadap tugas atau materi yang dfiberikan oleh guru kepadanya.
Kata-kata Kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran Sejarah, Model Nubered head Togher.
Download berkas