Penulis / NIM
AWALIA NURUL AZIZA / 231413030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
AWALIA NURUL AZIZA,231413030.Skripsi" Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Madrasah Aliyah Muhammadiyah". Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj, Resmiyati Yunus, M,Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pertama, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo. Kedua, bagaimana peran seorang guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kualitatif . Pendekatan kualitatif berusaha memahami motivasi belajar pada mata pelajaran Madrasah Aliyah Muhamadiyah Gorontalo.
Hasil penelitian meneunjukan bahwa yang pertama, motivasi belajar siswa, beberapa siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Muhamadiyah kurang termotivasi belajar sejarah disebabkan beberapa faktor Pertama, kurangnya faktor pendukung dalam proses pembelajaran misalnya sarana prasarana yang belum tersedia disetiap ruang kelas sehingga siswa kurang semangat untuk belajar apalagi mata pelajaran sejarah yang pada dasar pelajaran yang selalu dijam-jam terakhir. Kedua proses pembelajaran sejarah hanya mencangkup dua hal yaitu catatan dan tugas yang membuat siswa malas belajar mata pelajaran sejarah, intinya siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyah Gorontalo hampir sebagian dari kelas 12 masih kurang termotivasi belajar sejarah. Kedua peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Madrasah Aliyah Muhamadiyah Gorontalo khususnya kelas 10 sudah termotivasi belajar sejarah karena proses pembelajaran yang dilaksanakan cukup menarik dan banyak cara yang dilakukan untuk memberikan semangat belajar pada mata pelajaran sejarah, meskipun tidak semua dari kelas 12 tidak menyukai pelajaran sejarah.
Kesimpulan setiap orang memiliki cara pikir yang berbeda-beda, cara pikir itulah yang menentukan akhirnya, karena keberhasilan belajar bagi siswa dalam proses pembelajaran, sangat dipengaruhi oleh motivasi yang ada pada dirinya.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Mata pelajaran sejarah
Download berkas