Penulis / NIM
DARSON A. RAHIM / 231413033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Darson A. Rahim. Nim 231 413 033. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model PAIKEM pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 4 Batudaa Pantai. Tugas akhir, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Soial, Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Dibawah bimbingan I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd M.Pd
Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk meningkat motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Batudaa Pantai pada mata pelajaran IPS. Kedua untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 4 Batudaa Pantai pada mata pelajaran IPS Sejarah.
Berdasarkan pelaksanaan hasil penelitian diperoleh pembelajaran IPS dengan penerapan model PAIKEM terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada kelas VII di SMP Negeri 4 Batudaa Pantai. Pembelajaran IPS menggunakan model PAIKEM. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 33,33% yaitu dari jumlah siswa 24 orang dalam 1 kelas pada siklus I yang tuntas sebanyak 13 orang dengan presentase 54,17% yang tidak tuntas 11 orang presentase 45,83% dengan rata-rata 71,20% sedangkan pada siklus II yang tuntas sebanyak 21 orang dengan presentase 87,5% dan yang tidak tuntas 3 orang presentase 12,5%.
Demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada kelas VII di SMP Negeri 4 Batudaa Pantai. Sehingga, penerapan model PAIKEM dapat menjadikan proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa agar siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas