SKRIPSI

Penulis / NIM
SAMSUL RIZA PUNUH / 231413059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Samsul Riza Punuh, Nim. 231413059. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Bapak Drs. Darwin Une, M.pd dan Pembimbing II. Ibu Yusni Pakaya S.pd M.pd Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, ingin mengetahui Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta, Kedua. Ingin mengetahui Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Tilamuta. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa: Pertama, penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Tilamuta telah sesuai dengan struktur yang sudah disepakati oleh pemerintah dalam peraturan menerapkan kurikulum 2013, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian di lapangan bahwa kurikulum 2013 merupakan suatu penekanan untuk pembentukan karakter siswa agar lebih efektif, kreatif, inovatif dalam perubahan perilaku, disamping itu juga sebelum menerapkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Tilamuta, sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 yang akan dibutuhkan, hal ini dibuktikan dengan sarana dan prasaran yang sudah memadai dalam menerapkan kurikulum tersebut. Kemudian strategi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 sebelumnya guru harus melakukan beberapa langkah-langkah dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu pemahamn guru tentang kurikulum 2013. Kedua strategi pembelajaran sejarah dalam menerapkan kurikulum 2013 pada suatu pembelajaran tentunya dibutuhkan metode-metode pembelajaran yang memungkinkan proses tersebut dapat tercapai, metode yang dapat diterapkan seperti, metode diskusi, dengan metode diskusi guru dapat menilai keterampilan anak berbicara, adapun setelah melakukan metode diskusi guru diharuskan untuk menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan kembali hasil di siskusi. Di samping itu dalam strategi pembelajaran guru sejarah juga menggunakan media sebagai bahan ajar, tujuannya untuk mengembangkan wawasan peserta didik dan disisi lain siswa tidak merasa jenuh ketika berada di dalam kelas. Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum 2013, dan Pembelajaran Sejarah,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011