Penulis / NIM
AAN PINOI / 231413061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
Aan Pinoi, Nim 231 413 061 Skripsi 2019 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievment Divisions (Stad)Di SMA Negeri 1 Tapa. Di bawah bimbingan oleh bapak Drs. Darwin Une, M.Pd dan ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd. Selaku pembimbing I dan Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievment Divisions (Stad)Di Sma Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu metode secara sistematis menggambarkan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievment Divisions (Stad) Di Sma Negeri 1 Tapa yang menggunakan objek populasi penelitian sebanyak 26 jumlah siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan, hal ini dapat dilihat secara signifikan dimana rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 86,4 dengan presentase nilai kelulusan 93% dan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan adalah 26 siswa dari jumlah 29 siswa. Dengan ini, pembelajaran menggunakan tipe STAD merupakan pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Penerapan Model Pembelajaran tipe STAD
Download berkas