Penulis / NIM
SUSANTI ISMAIL / 231413064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Susanti Ismail, Nim 231413064. Judul Skripsi Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Kombinasi Model Berbasis Masalah dan NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2018. Pembimbing 1. Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd, Pembimbing 2. Ibu Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: Pertama, Penggunaan Model-Model pembelajaran di SMA Negeri 1 Gorontalo sebelumnya. Kedua, Meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo dengan menerapkan model kombinasi berbasis masalah dan NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo di Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Provinsi Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Peneliti mengambil satu sekolah untuk dijadikan sampel dengan anggota sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Jumlah tersebut berasal dari satu kelas yang mewakili dari X IPA 6 SMA Negeri 1 Gorontalo.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; Melalui Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 1 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan tindakan kelas pada siklus 1 dengan hasil lembar pengamatan guru dari tiga aspek mencapai ketuntasan dengan persentase 19,44% dengan nilai rata-rata 77,08% siklus II mencapai ketuntasan dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata 8,083%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Berbasis Masalah, Model NHT, Hasil Belajar.
Download berkas