Penulis / NIM
RISBAN POMONTOLO / 231414002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Risban Pomontolo, 2018. Museum Gorontalo Sebagai Media Belajar Sejarah Lokal Pada Mahasiswa Jurusan Sejarah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. Joni Apriyanto, M.Hum dan Pembimbing (II) Sutrisno Mohamad, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :Pertama Pemanfaatan Museum Gorontalo sebagai media belajar sejarah lokal pada mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah; Kedua Kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Sejarah dalam pembelajaran Sejarah Lokal dan hubungannya dengan pemanfaatan Museum sebagai media belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan kualitatif deskriptif. Di dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian di dalam tehnik analisis data menggunakan analisis interaktif yang memiliki beberapa komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama pemanfaatan Museum Gorontalo sebagai media belajar Sejarah Lokal pada mahasiswa jurusan sejarah belum sepenuhnya optimal, hal ini terlihat pada jumlah pengunjung mahasiswa jurusan Sejarah 6 bulan terakhir terhitung dari bulan Januari sampai bulan Juni hanya sekitar 60 orang mahasiswa yang datang berkunjung ke Museum, artinya Museum Gorontalo belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai media belajar khusunya pada mahasiswa Jurusan Sejarah. Kedua kendala yang di hadapi mahasiswa dalam pembelajaran sejarah lokal dengan memanfaatan Museum sebagai media belajar salah satunya adalah lokasi antara kampus dan Museum jaraknya sangat jauh sehingga menyulitkan mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan sejarah jarang berkunjung ke Museum.
Kata Kunci: Museum, Media Belajar, Sejarah lokal.
Download berkas