SKRIPSI

Penulis / NIM
MULIS S. ABDJUL / 231414004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
MULIS S. ABDJUL. "Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pertama, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah; Kedua, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif menekankan penyajian data dengan deskriptif kalimat yang rinci, lengkap, dan mendalam yang menggambarkan situasi yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Penelitian ini tanpa didahului suatu hipotesis. Jenis penelitian ini lebih memungkinkan untuk mendapatkan informasi kualitatif yang lebih teliti. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Selanjutnya dapat di katakana bahwa penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pola studi kasus. Kasus yang telah ditelaah adalah Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lemito. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Pertama, faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah adalah banyak di antara siswa saat guru mengajar ada yang berbicara sendiri, dan ada pula siswa yang melakukan aktifitas yang tida mestinya di lakukan seperti keluar masuk ruang karena merasa gerah di dalam kelas dan adapula yang sudah sangat tengang saat belajar karena merasa takut dengan guru yang mengajar; Kedua, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, Guru sejarah yang bertanggung jawab dalam mengajar telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Di SMA 1 Lemito untuk penyerapan nilai dari materi sejarah sudah terlaksana dengan baik, walaupun masih ada sebagian yang tidak begitu memahaminya. Akan tetapi guru-guru sejarah yang ada di SMA Lemito telah berupaya semaksimal mungkin agar materi sejarah yang diajarkan dapat diserap dan cepat tersalurkan kepada setiap siswa. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011