Penulis / NIM
YUSRIN POLINTO / 231414009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Yusrin Polinto. 2018. Penerapan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP 8 Dulupi. Skripsi program studipendidikan sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une.,M.Pd dan pembimbing II Tonny Iskandar Mondong S.S., M.A.
Penelitian Tindakan Kelas ini Bertujuan untuk melihat keberhasilan model pembelajaran dengan menggunakan media gambar pasa siswa kelas IX SMP 8 Dulupi, tahun pelajaran 2018/2019 pada materi Negara Maju danNegara Berkembang dan Perang Dunia II.
Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir siklus untuk mengukur kemampuan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahawa model pembelajaran dengan menggunakan media gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil 1 kelas sebagai kelas uji coba. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I yang memperoleh ketuntasan belajar ada 21 siswa atau 72 % dan siklus II siswa memperoleh ketuntasan belajar ada 27 siswa atau 93%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Media Gambar.
Download berkas