Penulis / NIM
MOHAMAD FAJAR TULOLI / 231414012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
Mohammad Fajar Tuloli 2021. Penerapan Model Inquiri Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 TibawaÂÂ. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Sutrisno Mohamad, S.pd., Mpd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran selama ini di SMA Negeri 1 Tibawa dan mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Inquri Based Learning di SMA Negeri 1 Tibawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan (field research), pada penelitian menggunakan data Primer dan data Sekunder dengan cara menggunkan teknik snowball sampling untuk memperoleh informasi data dalam penelitian ini. Analisis data pada penelitian deskriptif kualitatif ini adalah menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Inquiri Based Learning penting juga diterapkan dalam pembelajaran sejarah terutama sejarah Indonesia. Karena dapat melatih siswa berfikir kritis dengan cara menemukan dan merumuskan permasalan dalam pembelajaran sejarah sedangkan guru hanya menjadi fasilitator dalam kelas, dan pada rancangan model pembelajaran Inquiri Based Learning dibuat dalam bentuk rancangan pembelajran atau RPP di mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kata Kunci : Inquri Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Kritis dan SMA 1 Tibawa
Download berkas