Penulis / NIM
MARYAM KUKU / 231414024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Maryam Kuku, 2018. Efektivitas Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Pada Pelajaran Sejarah Di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing (II) Hj. Yusni Pakaya,S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran Sejarah di dalam kelas jika diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SMK Negeri 2 Gorontalo. Pada dasarnya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengevaluasi dan merefleksi dari setiap tindakan yang dilakukan. Oleh karena itu, setiap tindakan yang dilakukan akan berbeda-beda baik mengenai hasil yang diperoleh maupun sikap yang muncul dalam suasana proses pembelajaran. Selain itu, dalam penelitian tindakan kelas yang perlu diperhatikan adalah sikap siswa maupun cara mengajar guru agar hasil yang dicapai dapat mengalami peningkatan. Number Head Together merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, meningkatkan semangat kerjasama siswa. Model Pembelajaran NHT untuk mengecek pemahaman siswa terhadap mata pelajaran dengan cara melibatkan lebih banyak siswa menelaah materi yang tercakup sehingga dapat meningkatkan penguasaan akademik dan kemampuan berfikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 56 % yaitu dari jumlah siswa 25 orang dalam 1 kelas pada siklus I yang tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase 28% yang tidak tuntas 18 orang presentase 72 % dengan rata-rata 68,44 % sedangkan pada siklus II yang tuntas sebanyak 22 orang dengan presentase 88 % dan yang tidak tuntas 3 orang presentase 12 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together (NHT)dapat dikatakan efektif jika diterapkan dalamprose pembelajaran di SMK Negeri 2 Gorontalo.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Numbered Head Together
Download berkas