Penulis / NIM
SRI RAHAYU HUSAIN / 231414028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Sri Rahayu Husain. 231414028, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan dan berfokus untuk meninggkatkan hasil belajar siswa Kelas X Akutansi 4 SMK Negeri 1 Gorontalo. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik; (2) Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran oleh guru; (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik pada penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Kelas X Akutansi 4 pada Mata Pelajaran Sejarah sehingga siswa lebih aktif dan bekerjasama dalam berlangsungnya diskusi.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktiviras Peserta Didik, data Aktivitas Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Ativitas Guru, sedangkan data Hasil Belajar Peserta Didik digali dengan Tes Hasil Belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik Kelas X Akutansi 4 SMK Negeri 1 Gorontalo dalam penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah di siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dalam kategori BAIK; (2) Aktivitas pembelajaran oleh guru di Kelas X Akutansi 4 SMK Negeri 1 Gorontalo dalam penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah di siklus I hingga siklus II penelitian tindakan kelas ini juga mengalami peningkatan dan berada dalam kategori BAIK; (3) Hasil belajar peserta didik Kelas X Akutansi 4 SMK Negeri 1 Gorontalo dalam penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah di siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dan melibihi pencapaian targer 80% dengan menerapkan pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD)
Download berkas