Penulis / NIM
ARMAN BOTUTIHE / 231414033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
ArmanBotutihe :Nim 231 414 033, Efektivitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Botumoito. Skripsi 2018 Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo,dibawah bimbingan: Bapak Drs. Darwin Une. M.Pd dan Ibu Hj.Yusni Pakaya,S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Botumoito, Kedua, Efektivitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Botumoito. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, didalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan pengambilan arsip kemudian didalam tekhnis analisis data peneliti melakukan langkah-langkah yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: Pertama, pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Botumoito sudah dikatakan Efektif karena proses pembelajaran sejarah berjalan dengan baik. Guru sudah menggunakan berbagai macam strategi serta model-model pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa. Kedua,faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Botumoito masih banyak siswa yang tidak mempunyai fasilitas berupa lebtop sehingga siswa sulit untuk mengakses internet. Faktor kendala lainnya yaitu masih ada sebagian siswa yang belum mahami materi pelajaran sejarah.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru lebih kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran sejarah dan menciptakan suasana yang kondusif sehingga ada interaksi guru dengan siswa harus ditingkatkan agar bisa menilai kemampuan siswa khususnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sejarah karena melihat pelajaran sejarah berada pada jam yang terakhir diharapkan guru juga lebih meningkatkan strategi pembelajaran.
Kata Kunci :Efektifitas Pembelajaran Sejarah
Download berkas