Penulis / NIM
LISPAN S. DAUD / 231414039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Lispan Daud.NIM. 231414039.UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS X DI SMK PARIWISATA BUBOHU.Skripsi,Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing (1) Drs.H. Darwin Une ,M.Pd.
Pembimbing (II)Yusni Pakaya S.Pd,M.Pd Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui Metode Kooperatif Learning di kelas X SMK Pariwisata Bubohu.
Penelitian ini merupakn Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kualitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Pariwisata Bubohu Tahun ajaran 2018/2019. Siswa yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data di ambil dengan menggunakan tehnik lembar observasi pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan dan dokumentasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas X di SMK Pariwisata Bubohu?
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Kooperatif Learning pada mata pelajaran IPS Kelas X di SMK Pariwisata Bubohu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat di lihat pada setiap menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa dan selama proses belajar mengajar dengan kriteria penliaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), kurang (K), penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yakni pada siklus I hasil belajar siswa masih banyak yang tidak memenuhi ketuntasan KKM yang telah di tentukan ,yang tidak tuntas 18 orang dan 6 orang memperoleh nilai rendah kemudian pada siklus II hasil belajar meningkat, 15 orang yang tuntas dan 9 orang memperoleh nilai rendah. Hal ini sudah di katakan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai target yang di inginkan, bahkan sudah melampaui target peneliti.
Berdasarkan hal tersebut hipotesis tindakan menyatakan bahwa dengan menerapkan metode Kooperatif Learning pada mata pelajaran IPS di kelas X SMK Pariwisata Bubohu dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Kata Kunci : Metode Pembelajaran,Kooperatif Learning
Download berkas