Penulis / NIM
KURNIAWATI LAMALUTA / 231414044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Kurniawati Lamaluta, 2018. Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Melalui Metode Students Theams Achievement Devison (STAD) Pada Mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Nuangan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Hj.Yusni Pakaya, S.Pd M.Pd.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Students Teams Achievement Devision (STAD) pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 1 Nuangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahapa Pemantauan dan Evaluasi dan Tahap Analisis dan Refleksi. Pada setiap akhir siklus siswa diberikan tes tertulis untuk mengukur keefektifan belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktifivitas siswa dan tes tertulis dan Analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Students Teams Achievement Devison (STAD) terbukti dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa. Pembelajaran IPS menggunakan metode penerapan Students Teams Achievement Devison (STAD) dilakukan melalui kerja kelompok yang beranggota 4 kelompok dan diberikan LKS untuk dikerjakan, di samping itu siswa di berikan kuis soal kemudian kelompok yang menang diberikan penghargaan sebagai salah satu cara siswa menjadi aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dari jumlah 27 orang dalam 1 kelas pada siklus I yang tuntas 14 siswa atau 51,19 % sedangkan tidak tuntas 13 siswa atau 48,81 %, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 27 siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 88,89 %, sedangkan tidak tuntas yaitu 3 siswa atau 11,12 %. Pada materi Keunggulan Lokasi Terhadap Kolonialisme Barat di Indonesia dengan menerapkan metode students Teams Achievement Devison (STAD). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan ssmenerapkan metode Students Teams Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Nuangan.
Kata Kunci : Efektivitas Belajar, Metode Student Teams Achievement Devesion (STAD)
Download berkas