Penulis / NIM
RUGAYA MAMONTO / 231414046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Rugaya Mamonto. NIM. 231414046. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Group Investigation (GI) Di SMP Negeri 1 Nuangan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Drs.Hi.Darwin Une.M.pd, Pembimbing (11) Hj.Yusni Pakaya.M.pd.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu peneliti akan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Selama ini ketika guru melaksanakan proses belajar mengajar dikelas hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa-siswi banyak mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran terjadinya interaksi antara guru dan siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kalitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Akan tetapi, peneliti tetap menggunakan sumber-sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya penelitian ini. Selain mewawancarai guru tetap yang mengajar, peneliti juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V111A SMP Negeri 1 Nuangan Tahun 2018. Siswa yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V111A di SMP Negeri 1 Nuangan?
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation (GI), Motivasi belajar
Download berkas