Penulis / NIM
SRI SAKTI RAHMAWATI UNE / 231414066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Sri Sakti Rahmawati Une : Nim 231 414 066, Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi 2018 Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan: Ibu Dra. Hj. Resmiati Yunus, M.Pd dan Ibu Hj. Yusni Pakaya,S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo, Kedua, Kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif deskriptif, didalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tekhnik wawancara, pemberian tes observasi, dan dokumentasi. Kemudian di dalam tekhnis analisis data secara kuantitatif data-data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan kognitif siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Dan secara kualitatif peneliti melakukan langkah-langkah yaitu reduksi data, sajian data, dan verivikasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: Pertama, usaha guru sejarah untuk menciptakan interaksi dalam kegiatan pembelajaran di kelas tetap diupayakan, sedangkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran belum sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yaitu seharusnya guru menerapkan metode bervariasi, agar dapat menarik minat belajar. Kemudian, guru perlu menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran sejarah dapat memberikan makna tersendiri, akibat tidak menggunakan media siswa tidak termotivasi dan bosan belajar. Kedua, guru harus mampu untuk mengoptimalkan siswa terutama dalam hal pembelajaran untuk berpikir secara kritis. Hal tersebut tercermin pada proses pembelajaran yang diterapkan belum memfasilitasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis ini akan memberikan arahan dalam melaksanakan tugas demi meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo ada beberapa saran yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran sejarah yaitu : (1) dalam hal pelaksanaan pembelajaran di kelas hendaknya disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran yang telah di buat, terutama pada penerapan model pembelajaran dan penggunaan media agar pembelajaran tampak terprogram dengan baik; (2) dalam hal penjelasan materi ajar, guru sebaiknya mengaitkan materi yang diajarkan dengan peristiwa aktual tentang perubahan dan perkembangan yang terjadi pada masayarakat dewasa ini, dengan memberikan contoh, materi yang disajikan benar-benar bermakna serta dirasakan manfaatnya; dan (3) guru juga hendaknya mampu untuk mengoptimalkan siswa terutama dalam hal berpikir secara kritis, agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran sejarah.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Sejarah
Download berkas