Penulis / NIM
ABDUL WAHAB BULOTIO / 231414068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Wahab Bulotio. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lemito. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Gorontalo. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lemito; dan (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lemito.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan orientasi fenomenologis mengenai seluruh kegiatan-kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang ada pada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek wawancara sebagai sumber data dipilih 30 siswa dari beberapa kelas X, XI, dan XII. Kemudian subjek wawancara dengan guru sejarah 2 orang, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lemito, dan orang tua siswa 1 orang. Proses analisis data secara kualitatif dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yang terkait meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) secara umum, siswa SMA Negeri 1 Lemito memiliki prestasi belajar yang optimal. Hal itu dapat dilihat dari: (a) siswa cenderung untuk belajar; (b) siswa senang belajar sejarah; (c) siswa memiliki kesadaran untuk belajar; (d) sekolah telah memiliki sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang memadai; (e) suasana lingkungan yang mendukung; (f) guru telah menerapkan metode pembelajaran yang menarik; (g) siswa dan guru berinteraksi dengan baik. Terkait dengan itu, secara khusus rata-rata siswa SMA Negeri 1 Lemito memiliki prestasi belajar yang maksimal pada mata pelajaran sejarah; (2) faktor eksternal memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di banding dengan faktor internal. Faktor eksternal yang memberi pengaruh yang tinggi tersebut ialah cara mengajar guru, kebijakan kepala sekolah, didikan orang tua, pengaruh lingkungan masyarakat, dan pergaulan sosial siswa dengan temannya.
Kata kunci: faktor-faktor, prestasi belajar
Download berkas