Penulis / NIM
NOPITA DJAFAR / 231414084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Nopita Djafar. 231 414 084. 2018. Studi Komparasi Cara Belajar Siswa Kelas Ipa Dan Ips Dilihat Dari Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Marisa. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Drs. Darwin Une, M.Pd dan Ibu Yusni Pakaya, S.Pd.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah Studi Komparasi cara belajar siswa kelas IPA dan IPS dilihat dari prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Marisa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa dan data sekunder berupa nilai dari siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis independent samples t test
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara Cara Belajar Siswa dalam mata pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato Kelas IPA dengan Kelas IPS. Kemudian untuk prestasi belajar yakni terdapat perbedaan yang signifikan antara Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato Kelas IPA dengan Kelas IPS. Dari hasil deskriptif dapat diketahui bahwa Cara Belajar Siswa dalam mata pelajaran Sejarah terletak pada kriteria yang cukup baik kemudian Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Sejarah dilihat dari nilai siswa juga sudah baik terutama untuk siswa kelas IPA. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa siswa dengan cara belajar yang baik memiliki kemungkinan yang tidak begitu besar dengan capaian prestasi belajar yang baik pula, hal tersebut sebagaimaan diketahui dari nilai rata-rata bahwa siswa kelas IPA memiliki cara belajar yang tidak lebih baik dibandingkan siswa kelas IPS namun dari segi Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Sejarah kelas IPA memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa kelas IPS.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas