Penulis / NIM
NUR'AFNI AR.TUTUNA / 231414086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Nur'afni AR. Tutuna. 231414086, 2014. Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dimana subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tilamuta yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta refleksi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dari 30 aspek yang diamati terdapat 90% dengan kriteria sangat baik dan 10% dengan kriteria baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dari 30 aspek terdapat 46,67% dengan kriteria sangat baik dan 53,33% dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah
Download berkas