SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR'AFNI AR.TUTUNA / 231414086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Nur'afni AR. Tutuna. 231414086, 2014. Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dimana subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tilamuta yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tilamuta melalui model pembelajaran Problem Solving dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dari 30 aspek yang diamati terdapat 90% dengan kriteria sangat baik dan 10% dengan kriteria baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa dari 30 aspek terdapat 46,67% dengan kriteria sangat baik dan 53,33% dengan kriteria baik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011