Penulis / NIM
SARINA T. TULUNGIO / 231415018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK
Sarina T Tulungio. Nim 231415018. Judul skripsi Upaya Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran tipe Student Teams
Achievement Division (STAD). Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas
Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dra.
Resmiyati Yunus M.Pd selaku pembimbing I, dan Bapak Helman Manay S.Pd,
M.Hum selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SMA NEGERI 1 TOTIKUM.
kurangnya motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah, menjadi
permasalahan yang akan diatasi dengan model pembelajaran Student Teams
Achievement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendapatkan gambaran bagaimana hasil belajar dari peserta didik yang diajarkan
dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran sejarah
kelas X IPS1
SMA Negeri 1 Totikum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang merujuk pada model Kurt Lewin (1946). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, melalui tes baik
tertulis maupun lisan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas X
IPS1
SMA NEGERI 1 Totikum yang berjumlah 26 siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model
pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) efektif dapat
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan
adanya peningkatan siswa baik dari segi motivasi maupun dari segi nilai KKM.
Kata Kunci : STAD, Motivasi, SMA Negeri 1 Totikum
Download berkas