SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRI YANTI DERITA / 231415029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
FITRI YANTI DERITA. 2022 Penerapan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.Di bawah bimbingan Ibu Dra.Hj.Resmiyati Yunus,M.Pd Pembimbing I dan Bapak Tonny Iskandar Mondong,S.S.,M.A pembimbing II yang selalu membimbing saya sampai selesai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PEO (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Gorontalo kelas XI IPS. Sebagai sampel penelitian kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang selanjutnya menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif . Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PEO (Predict-Observe-Explain) berada dalam kategori baik; (b) hasi belajar siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung berada pada kategori cukup; (c) hasil observasi aktivitas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PEO (Predict-Observe-Explain) berada pada kategori cukup; (d) hasil observasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung berada pada karegori sangat kuarang; (e) respon positif siswa terhadap model pembelajaran PEO (Predict-Observe-Explain) dengan kategori baik (f) respon poeitif siswa terhadap pembelajaran langsung berada pada kategori sangat kuarang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PEO (Predict-Observe-Explain) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Gorontalo. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, terdapat saran yang dapat menjadikan bahan pertimbangan guru untuk kemajuan belajar siswa khususnya dala mata pelajaran sejarah. Hendaknya guru dapat lebih kreatif dalam menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci: predict observe explain, hasil belajar, SMA Negeri 3 gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011