SKRIPSI

Penulis / NIM
HERMANTO TULUKI / 231415037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Hermanto Tuluki, NIM 231415037, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Teka-teki Silang di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Hj, Dra. Resmiyati Yunus M.Pd, sebagai Pembiming I dan Hj. Yusni Pakaya ,S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan memiliki tujuan untuk melihat keberhasilan suatu model pembelajaran dengan menggunakan model Teka-teki Silang di SMAN 1 Paguyaman Pantai, tahun pelajaran 2019/2020 pada materi kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir untuk mengukur kemampuan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran dari siklus I siswa yang mempeoleh ketuntuasan belajar ada 11 siswa atau 66%, dan siklus II yang memperoleh ketuntasan belajar siswa ada 23 siswa atau 96% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran teka-teki silang minat belajar siswa tentang materi Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, kelas XI IPS1 SMAN 1 Paguyaman Pantai meningkat . Kata Kunci: Pembelajaran, Model Teka-teki Silang
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011