Penulis / NIM
HERMANTO TULUKI / 231415037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK
Hermanto Tuluki, NIM 231415037, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Teka-teki Silang di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Hj, Dra. Resmiyati Yunus M.Pd, sebagai Pembiming I dan Hj. Yusni Pakaya ,S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan memiliki tujuan untuk melihat keberhasilan suatu model pembelajaran dengan menggunakan model Teka-teki Silang di SMAN 1 Paguyaman Pantai, tahun pelajaran 2019/2020 pada materi kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir untuk mengukur kemampuan minat belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran dari siklus I siswa yang mempeoleh ketuntuasan belajar ada 11 siswa atau 66%, dan siklus II yang memperoleh ketuntasan belajar siswa ada 23 siswa atau 96% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran teka-teki silang minat belajar siswa tentang materi Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, kelas XI IPS1 SMAN 1 Paguyaman Pantai meningkat
.
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Teka-teki Silang
Download berkas