Penulis / NIM
OLPIN RADJIKU / 231415041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
Olpin Radjiku. NIM 231415085, Judul SkripsiMeningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra.H Resmiyati Yunus, M.Pd, sebagai pembiming I dan Sutrisno Mohammad,S.Pd,M.Pd sebagai pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa PadaMata Pelajaran Sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMAN 3 Kota Gorontalo. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%.
Berdasarkan hasilpenelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran siklus I dari sejumlah 30 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 16 siswa atau 54% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 28 siswa atau 93% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok, hasil belajar siswa tentang sifat pendudukan Jepang dan respons bangsa Indonesia di klas XI IPS1 SMA Negeri 3 Kota Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Investigasi
Download berkas