Penulis / NIM
UTEN PAKAYA / 231415047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Uten Pakaya. NIM 231415047, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Role Play di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Limboto. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Drs. Darwin Une, M.Pd, sebagai pembimbing I dan Sutrisno Mohammad, M.Pd sebagai pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Play. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%.
Berdasarkan uraian di atas maka pembelajaran siklus I dari sejumlah 25 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 40% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 23 siswa atau 92%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran role play, hasil belajar siswa tentang keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi di klas VIII1 SMP Negeri 2 Limboto.
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Role Play
Download berkas