Penulis / NIM
INGKA GUSANI / 231415059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Ingka Gusani 2021. Pembelajaran Ips (sejarah) di SMP Negeri 3 Dulupi. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1
Dra. Hj. Resmiyati Yunus. M.Pd dan pembimbing 2 Tonny Iskandar Mondong, S.S, MA
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Dulupi, tepatnya di Jl. Siswa, Dususn II
Hiyalokikio, Kelurahan Kotaraja, Kec. Dulupi, Kab. Boalemo, Prov. Gorontalo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Dulupi. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Keberhasilan Pembelajaran
IPS (sejarah) di SMP Negeri 03 Dulupi ? (2) Bagaimana Langkah-Langkah Yang Dilakukan
Dalam Mencapai Keberhasilan Pembelajaran IPS (sejarah) di SMP Negeri 3 Dulupi ?. Tujuan
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk Mengetahui Kberhasilan Pembelajaran
IPS(sejarah) di SMP Negeri 3 Dulupi. (2) Untuk Mengetahui Langkah-Langkah Yang Dilakukan
Dalam Mencapai Keberhasilan Pembelajaran IPS (sejarah) Di SMP Negeri 3 Dulupi. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dalam pengambilan data ini
dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi di SMP Negeri 03 Dulupi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPS (sejarah) di SMP Negeri 3
Dulupi menurut guru mata pelajaran IPS mengguanakan metode pembelajaran yang bervariasi
yaitu sebagai berikut: Discovery Learning, Metode Wawancara Diskusi dan Metode Ceramah.
Namun yang sering digunkan dalam pembelajaran di kelas menurut siswa hanya metode ceramah
dan selebihnya guru membentuk kelompok untuk membagi tugas kepada siswa dengan cara
melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal yang ada di lembar kerja siswa.
Kata Kunci: Langkah-Langkah, Dan Keberhasilan Pembelajaran IPS
Download berkas