Penulis / NIM
NURNINGSI LASIPU / 231415079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Nurningsih Lasipu. 231415079, Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Melalui Tipe Discovery Learning dikelas X SMA Negeri 1 Bolangitang Barat. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Yusni Pakaya, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing 2, Sutrisno Mohamad.,S.Pd.,M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran sejarah melalui Tipe Discovery Learning dikelas X SMA Negeri 1 Bolangitang Barat.
Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran sejarah melalui Tipe Discovery Learning dikelas X SMA Negeri 1 Bolangitang Barat. tahun ajaran 2018/2019 dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ipa1, dengan jumlah siswa 32 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 21 perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah di paparkan sebelumnya, maka simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kreativitas siswa. Siklus I : jumlah siswa 32 orang laki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB) 8 orang atau 25%, baik(B) 16 orang atau 50%, cukup(C) 5 orang atau 16%, kurang(K) 3 orang atau 9%. Siklus II : jumlah siswa 32 orang laki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB)24 orang atau 75%, baik(B) 8 orang atau 25%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan tipe pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kreatifitas siswa khususnya di kelas X Ipa1 SMA Negeri 1 Bolangitang Barat.
Kata Kunci:Kreativitas Belajar Siswa, Tipe Discovery Learning, sejarah
Download berkas