SKRIPSI

Penulis / NIM
WILTIA ABDULLAH / 231415084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK Wiltia Abdullah, Nim 231415084 Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Masa Pengaruh Hindu Budha Melalui Metode Tanya Jawab Di kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing 1. Drs, Darwin Une M.Pd, Pembimbing 2. Tonny Iskandar Mondong, SS, MA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan ingin mengetahui pengaruh Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran masa Pengaruh Hindu Budha Melalui Metode Tanya Jawab Di Kelas XI SMA Negeri Telaga Biru. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu penulis akan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang di hadapi guru dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar, selama ini guru-guru dikelas hanya menggunakan model yang konvensional dalam mengajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang baru untuk merangsang pembelajaran siswa, sehingga dalam proses pembelajaran terjadi yang namanya umpan balik antara siswa dan guru. Metode pembelajaran yang akan diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Masa Pengaruh Hindu Budha Melalui Metode Tanya Jawab Di Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru. Pada metode pembelajaran ini, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi menjawab pertanyaan dan memecahkan masalahnya dengan sendiri, tetapi tidak luput dari pantauan seorang guru. Namun setelah penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, peneliti mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Setiap siklus pembelajaran siswa perlahan-lahan mulai nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 3. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih memuaskan, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab sangat cocok digunakan guru dalam pembelajaran Sejarah. Metode ini sangat efektif untuk merangsang proses belajar siswa. Namun tidak menutup kemungkinan model pembelajaran lainnya tidak bisa digunakan. Semua model pembelajaran dapat digunakan, tinggal cara dan efektivitas seorang guru yang dituntut. Kata Kunci : Metode tanya Jawab dalam Pembelajaran Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011