Penulis / NIM
ABDUL WAHIT H. TARIKI / 231415085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Wahid Tariki. NIM 231415085, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Sinetik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tolangohula. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, sebagai pembiming I dan Sutrisno Mohammad, M.Pd sebagai pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinetik. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%.
Berdasarkan uraian di atas maka pada pembelajaran siklus I dari sejumlah 24 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 41% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 22 siswa atau 91%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran sinetik, hasil belajar siswa dengan materi tentang Tokoh-tokoh Nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tolangohula Meningkat.
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Sinetik
Download berkas