Penulis / NIM
ASRIANA AR / 231416003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstrak
Asriana AR. 2020. Hubungan Antara Sikap Nasionalisme Dengan Pemahaman Sejarah di SMK 1 Tolitoli Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Darwin Une, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap nasionalisme dengan pemahaman sejarah siswa di SMK 1 Tolitoli Utara, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sikap nasionalisme dengan pemahaman sejarah siswa di SMK 1 Tolitoli Utara.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel diluar kelas penelitian. Dari sampel yang didapatkan, maka peneliti kemudian dapat mengetahui apakah koesioner layak pakai atau tidak melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil Hipotesi Statistik yang diuji penulis, dengan taraf signifikansi = 0.05 atau hitungan persentase 95%, maka menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan atau saling keterkaitan antara Sikap Nasionalisme Siswa dengan Pemahaman Sejarah di SMK 1 Tolitoli Utara. Diperjelas lagi pada hasil hitung koefisien determinasi, yang dimaksudkan sebagai pembuktian tingkat hubungan sikap nasionalisme (Y) dengan pemahaman sejarah siswa (X). Maka hasil yang diperoleh, Karena thitung =6,78 ttabel = 1,68 maka tolak H0, dan H1 diterima, Artinya koefisien korelasi signifikan atau berarti. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa antara Sikap Nasionalisme siswa dengan Pemahaman Sejarah memiliki hubungan yang erat dan saling keterkaitan.
Kata Kunci: Hubungan, Sikap Nasionalisme, Pemahaman Sejarah Siswa
Download berkas