SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI SELAWATI HANAPI / 231416013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
Sri Selawati Hanapi, Nim 231416013, yang berjudul Skripsi Efektivitas Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Lemito. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Darwin Une S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Helman Manay S.Pd.,M.Hum sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Lemito dan faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak efektifan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Lemito. Proses pembelajaran IPS terpadu jika tidak dibawakan dengan cara yang menarik maka akan berdampak pada siswa yang kurang meminati mata pelajaran IPS Terpadu. Pembelajaran IPS terpadu menuntut guru lebih kreatif dan menggunakan berbagai metode dan model dalam pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 Lemito belum sepenuhnya efektif, sebab masih ditemukan beberapa masalah yang terjadi di dalam kelas. Faktor-faktor yang menjadi penghambat pembelajaran IPS terpadu yaitu: kesulitan manejemen waktu yang sudah ditentutan, kemampuan guru menggunakan model dan strategi mengajar yang masih kurang, fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran juga masih kurang memadai seperti LCD sehingga pembelajaran tidak mudah diserap siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, IPS Terpadu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011