Penulis / NIM
FERNANDA DJIBU / 231416020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstrak
ABSTRAK
FERNANDA DJIBU. 231416020. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi. Skripsi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata Pelajaran IPS terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi. Untuk penerapannya guru menyampaikan tujun pembelajaran dan motivasi pada siswa, menyampaiakn aktivitas pembelajaran memberikan materi, membimbing kelompok kerja dan yang terakhir evaluasi. Penelitian ini diharapakan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti. Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi yang terdaftar. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan adalah 80% dari jumlah siswa.
Berdsarkan KKM yang ditetapkan 75, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasial sebesar 60% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan peneliti di dalam kelas pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation menunjukan bahwa VII MTs Al-khairaat Dulupi kemampuan peneliti dalam melaksnakan proses pembelajaran mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Group investigation, Mata Pelajaran IPS Terpadu
Download berkas