Penulis / NIM
INTAN AYU NINGTIAS / 231416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Intan Ayuning Tias, Nim : 231416022, 2020. Skripsi Tentang Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X SMAN 2 Dumoga, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj. Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A., selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X SMAN 2 Dumoga. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 2 Dumoga yang berjumah 25 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan hasil analisis data, baik data observasi awal maupun datab pada siklus I dan siklus II menunjukan terdapat perubahan atau peningkatan hasil belajar siswa pada tahapan penelitian. Pada saat observasi awal, ternyata model pembelajaran ini merupakan solusi yang tepat dalam meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik secara bertahap dan berdampak positif bagi peserta didik, karena membuat hasil belajar dari peserta didik meningkat dan itu bisa dilihat dari prasiklus skor rata-rata klasikal 70 atau 40% dan pada siklus I meningkat menjadi 74,36 atau 60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,2 atau 88%. Dengan dimikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) peserta didik terlihat aktif dalam berdiskusi sehingga membuat mereka terlibat langsung dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Sejarah.
Download berkas