Penulis / NIM
TAHIR IBRAHIM / 231416034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
Tahir Ibrahim. NIM 231416034. Tahun 2021. Skripsi berjudul Benteng Otanaha sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo.
Jurusan Pendidikan Sejarah T.A 2020/2021 Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Tonny Iskandar Mondong. SS., MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Kedua, pemanfaatan Benteng Otanaha sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskripsi Kualitatif dengan analisis data Deskripsi, pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Gorontalo bahwa guru-guru melakukan perencanaan pembelajaran yaitu dengan membuat perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, perangkat pembelajaran atau materi dan alat-alat penunjang lainnya. Pada proses pelaksanaannya guru-guru menggunakan berbagai macam media yang disesuaikan dengan materi pembelajaran sejarah, salah satunya adalah Benteng Otanaha. Kedua, pemanfaatan Benteng Otanaha sebagai media pembelajaran agar bisa memberikan wawasan ilmu pengetahuan terhadap siswa tentang benda peninggalan bersejarah di Gorontalo. Penggunaan Benteng Otanaha sebagai media pembelajaran ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya, akan tetapi itu bisa diantisipasi oleh guru dan sekolah begitu juga dengan kelebihan menggunakan media ini. Kelebihan menggunakan media ini tentu saja diharapkan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Gorontalo.
Kata Kunci: pemanfaatan media pembelajaran, pembelajaran sejarah, Benteng Otanaha
Download berkas