Penulis / NIM
DEBRIANTI ADAM / 231416039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
Debriyanti Adam. 231416039, Studi Komparasi Antara Metode Mengajar Guru Dalam Mata Pelajaran Sejarah (Studi kasus di SMA NEGERI 1 DULUPI). Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Joni Apriyanto M.Hum dan pembimbing 2 Tonny Iskandar Mondong S.S,MA
Adapun tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui motode serta komparasi mengajar guru sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan strategi penelitian yang diambil yaitu study kasus dan study kasus yang dimaksud adalah study kasus terpancang. Maksud dari studi kasus terpancang dalam penelitian kualitatif adalah fokus permasalahan sudah ditentukan dalam proposal sebelum peneliti melaksanakan penelitian
Hasil penelitian menyebutkan bahwa dalam proses belajar mengajar guru memang yang berbeda. Guru menggunakan gaya mengajar atau ciri khas masing-masing yang dimiliki. Akan tetapi dalam pelaksanaan belajar tersebut, siswa memiliki penilaian yang berbeda-beda sehingga, pada setiap siswa muncul komparasi pada masing-masing gaya mengajar guru, ada siswa yang sangat menyukai dan bahkan ada siswa yang justru tidak suka dengan gaya mengajar salah satu guru.
Kata Kunci: Studi Komparasi, Metode Mengajar, Proses Pembelajaran.
Download berkas