Penulis / NIM
ILYAS JAKATARA / 231416053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Ilyas Djakatara, Nim : 231416053, 2020.Skripsi Tentang Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 2 Gorontalo, Jurusan Pendidikan Sejarah FakultasIlmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Tonny Iskandar Mondong, S.S, MA selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah pandangan guru sejarah tentang kebijakan Merdeka Belajar yang di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Bagaimanakah persiapan yang telah dilakukan oleh guru untuk menerapkan kebijakan Merdeka Belajar pada mata pelajaran sejarah di SMAN 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus, maka penelitian ini akan berfokus pada guru sejarah dan upayanya untuk menerapkan kebijakan Merdeka Belajar dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Gorontalo. Dalam pengambilan data-data yang berkaitan dengan judul penelitian, sehingga dilakukan suatu observasi dan dukomentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SMAN 2 Gorontalo merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan kebijakan merdeka belajar. Terkait dengan persiapannya, para guru sejarah di SMAN 2 Gorontalo, telah mengikuti kegiatan rapat sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang kebijakan merdeka belajar. Hal ini diperlukan agar bisa menjalan kankebijakan tersebut dengan baik. Selain itu juga para guru sejarah di SMAN 2 Gorontalo telah melaksanakan rapat internal di sekolah untuk membahas persiapan pelaksanaan merdeka belajar agar bisa terkoordinir dengan baik. Para guru sejarah berpandangan bahwa konsep merdeka belajar merupakan salah satu solusi di dunia pendidikan hari ini. Kondisi pembelajaran dengan ke kebasanaka demi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan Indonesia hari ini. Hal ini disebabkan karena dengan kondisi merdeka dalam proses pembelajaran, maka para tenaga pengajar sejarah dan para peserta didik bisa dengan bebas mengeksplorasi pengetahuan mereka. Oleh yaitu, guru sejarah berpan dangan bahwa merdeka belajar adalah sesuatu yang harus diterapkan dan didukung penuh.
Kata kunci :Merdeka Belajar, SMAN 2 Gorontalo
Download berkas