Penulis / NIM
ROSMA LAPALANTI / 231416058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Abstrak
Rosma Lapalanti. 2020 Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning di Kelas X SMA Negeri 1 Bunta Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd,M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa di SMA Negeri 1 Bunta.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru dalam membentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Pada setiap siklus terdapat, Tahap Perecanaan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Observasi dan Evaluasi dan Tahap Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I menunjukan dari 25 siswa yang mendapatkan nilai 75 ke bawah berjumlah 20 orang atau 80%, sedangkan yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 5 orang atau 20%. Kemudian pada Siklus II menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang mendapatkan nilai 75 kebawah berjumlah 4 orang atau 16%, sedangkan yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 21 orang atau 84%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Bunta, Kecamatan Bunta, Kabupaten Luwuk Banggai.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran
Download berkas