SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATI A. ENGAHU / 231416059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Engahu, Fatmawati A. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas IX-C MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX-C di MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IX-C MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan hasil analisis data, baik data observasi awal maupun data pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap tahapan penelitian. Pada saat observasi awal, motivasi belajar siswa di kelas IX-C di MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo hanya berjumlah 28% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 25 orang, namun setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning meningkat menjadi 59,67% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan hingga mencapai 89,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi; âJika dalam pembelajaran digunakan model pembelajaran problem based learning maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas IX-C MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo akan meningkat â maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima. Kata Kunci : pembelajaran; problem based le arning; IPS Terpadu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011