Penulis / NIM
SRI SULASTRI POBELA / 231416065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstrak
ABSTRAK
Sri Sulastri Pobela. 231416065. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Melalui Metode Pemberian Tugas Di SMP Negeri 7 Kotamobagu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Drs. H. Darwin Une, M.pd dan Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A.
Secara umum penelitian merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian tindakan kelas adalah perilaku peserta didik di kelas, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran, dan atau mengubah kerangka kerja melaksanakan pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas disingkat PTK adalah bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya.
Setelah melakukan penelitian mulai, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan sampai diketahui nilai tes siswa, maka dapat diketahui pula bahwa masih banyak kekurangan yang terjadi pada siklus I ini. Seperti ada beberapa siswa yang mendapat nilai rendah dalam tes unjuk kerja siswa. Perhatian siswa yang masih kurang fokus terhadap guru, serta kurang fokusnya siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Berikut hasil refleksi dari tindakan yang telah dilakukan; (1) Secara garis besar tujuan pemanfaatan model pembelajaran pemberian tugas adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dirasa kurang ketika guru menjelaskan di dalam ruang belajar, kurangnya hasil belajar tersebut salah satunya disebabkan karena belum maksimalnya penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran sejarah, hal tersebut menuntut guru untuk memberikan tugas kepada siswa agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi tersebut diluar kelas; (2) Terjadi perubahan perilaku dalam proses pembelajaran siswa menjadi aktif Ketika guru menanyakan atau sedang menjelaskan tentang materi ��Ã..."dampak perubahan sosial budayaÃ��ÂÂ. Keaktifan siswa tersebut terjadi karena wawasan ilmu siswa bertambah Ketika mereka mengerjakan tugas, sehingga saat dikelas pembelajaran secara dua arah.
Kata Kunci: Model Pemberian Tugas, Penelitian Tindakan Kelas.
Download berkas