Penulis / NIM
HANLY MAMONTO / 231416068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Deskripsi kualitatif adalah menggambarkan objek social dalam penelitian. Selain itu penelitian kualitatif telah menentukan permasalahan yang masih remang-remang, bahkan gelap. Oleh karena itu masalah dalam penelitian kualitatif masih bersifat sementara, tentative dan akan berkembang atau berganti setelah peneliti berada dilapangan. Pengambilan data dalam penelitian kualitatif dilakukan dengan cara observasi mandalam, wawancara dengan ahli dan dokumentasi atau mencari dokumen-dokumen penting sebagai langkah untuk mencari data.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam penerapannya, sebelum kurikulum 2013, di SMA Negeri 1 Tilamuta telah memberlakukan beberapa kali kurikulum sesuai dengan anjuran pemerintah. Hingga hari ini setelah kurikulum berbasi kompetensi, kurikulum 2013 telah digunakan. Walaupun dalam pelaksanaanya penerapan kurikulum 2013 tidak selalu mendapat jalan mulus, selalu saja mendapat tantangan, baik dari siswa itu sendiri maupun dari guru yang menjalankan program kurikulum ini. Begitu juga dengan kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan pelajaran sejarah. Kenyataannya bahwa kurikulum sejarah hanya sedikit mengalami perubahan-perubahan.secara kontekstual proses penerapan kurikulum sejarah sudah sesuai dengan perjalanan kurikulum sejarah dari masa ke masa.
Kata Kunci: SMA Negeri 1 Kabila, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah.
Download berkas